Bullet Journal 2019 - January Spread

February 04, 2019, by Nechi

Ga kerasa ya januari mau kelar aja, februari udah di depan mata pula. Gimana nih cerita awal tahun 2019 kalian? Santai? Stressful? Baru kelar UAS? (oke, klo ini aku). 

Aku? Berat sis. Minggu pertama januari di suguhi tugas akhir bikin program, setelah itu UAS. Badan ini maunya jerit butuh istirahat lahir batin sebenernya. 

Dan lagi, UJAN TEROSSSSS. 

Okey, jadi disini aku pengen berbagi spread bullet journal untuk bulan Januari. Meski ya masih acak adul seperti biasa, dan awalnya cuma aku yang menatap perih hasilnya, semoga spread yang udah aku buat ini bisa jadi inspirasi untuk kedepannya. Semoga..

bujo january

FYI I’m not new in this bullet journaling (udah dari 2015 akhir sih) tapi yang namanya acak adul emang udah dari dulu. Mungkin ini style Nechi karena kebiasaan mementingkan fungsi dari bullet journalnya instead of tampilan layoutnya. 

Tanpa banyak bachin (banyak chinchong) lagi, mari kita melangkah ke tampilan pembuka dari bulan Januari ini.

monthly spread

Kalian harus tau, aku suka layout kalender yang coret-able daripada minimalis tapi gabisa ditulisi. Bagiku bentuk kalender kekgini tuh di aku sebagai sebuah gambaran lebar selama bulan itu aku ngapain aja, ada apa, kapan terakhir bayar spp, kapan ujian, kapan remedial, kapan naruh baju di laundry, kapan ngambil laundry, kapan bayar kost.... pokoknya segala yang penting bingid beudh dan prioritas bakal kutulis di kalendernya.

And then ada todolist, buat ngecek apa aku udah melakukan yang aku jadwalin (udah bayar kost belum? Eh deadilne tugas besok! Ups..), lalu ada habit tracker dan mood tracker. Habit tracker sengaja tak sisipin di satu page biar minimalis aja. Emang sih bullet journal sebenernya ga mewajibkan ada tracker, but its costumize planner and I need it so why not?

By the way monmaap kalo jam tidurku dan jam bangun ini tidak benar, beginilah mahastudent deket-deket ujian dan setelah mengarungi paitnya tugas akhir (meski ya nilaiku jeblok juga *sad react*).

Next, budget things.

budget

Rasanya ingin ngetag lunaisyah kesini tapi ngetag akun IG ke blog gabisa ya. Yaudah tak kasih inspirasinya aja ntar.

Terinspirasi dari mbak Luna, aku recreate Monthly Budget dan menyesuaikan kebutuhanku sebagai anak kost ini. Konsep pencatatan keuangannya sungguh terstruktur minimalis dan ga bikin orang yang ribet riweh syalala kayak aku jadi merasa teratur (meski gagal di Variable Expenses karena salah baca). Dan jujur aja, baru pertama kali nyelipin page khusus soal keuangan di bujo, soalnya biasanya ada bukunya sendiri. Meskipun masih engga teratur, seenggaknya aku ga harus boros buku kecil cuma buat keuangan doang.

Untuk penjelasan konsep budgetnya, silahkan di intip.


Akhirnya ke weekly spread yang maha random ini.

week 1

Iya ini sangat messy. Tapi keknya messy tuh bagian dari hidupku soalnya yang kupentingin kan fungsinya.

Kalau kalian merasa tidak asing dengan layout travel journal yang weekly spread (yang turun kebawah), kalian harusnya bisa nebak inspirasi layout ini datengnya dari layout TN. Yes, karena perdana 2019 tuh aku lagi sybucc tugas, jadi aku cuma kepikiran ama layout yang simple tapi past tense dan ga membuang waktu buat satu layout doang. Makanya se-simple ini.

Dan yang ku hias pake washi tape itu tujuannya buat menutupi kesalahan. Harusnya kan 6 hari ya untuk minggu pertama di bulan Januari, tapi kebablasan bagi 2 di kolom ke 6 jadinya ya lebihnya aku tutup pake washitape. Iya tau hasilnya sangatlah acak adul. Minggu ke dua ini aku lagi UAS full seminggu. Dipikir-pikir aku ga terlalu banyak kegiatan, jadi aku bikin layout super simple satu halaman gini aja.

week 2

Memperhatikan ada warna abu-abu dan emas disini? Yep, ini tema bujoku bulan januari. Minimalist dengan sentuhan gold dan silver.

Next week ini cuma sekedar experimen layout. Yang kutulis hari itu naruh segala todolist, yang kotak untuk nulis event / catatan kecil doang. Tapi untuk aku juga untuk nulis curhatan singkat padat dan bikin menolak forget sama apa yang terjadi waktu itu. Sayang ga terlalu full soalnya minggu ini tuh minggu kosong yang ga ngapa-ngapain selain nongki ama doi. Tapi ada UAS Struktur Data di hari Rabu hehe NANGGUNG EUY.

week 3
Eh keliatan ga sih fotonya #telat

week 4

Another simple past tense layout karena beneran minggu vacuum abis UAS dan minggu-minggu nilai keluar. Lagi-lagi kombinasi grey-gold-black dan layout weeklynya sengaja dibuat zigzag. Gausah ditanya guys, nilaiku jeblok banget semester ini so sad. 

Dan yang terakhir ini recreate layout yang kutemui di Pinterest. Tak bikin 4 bagian biar pas 4 hari terakhir di bulan Januari.

last week

Jadi begitulah January spread bulan ini. Ga tau kalo ada yang terinspirasi karena sebenernya ini tidak bertujuan buat menginspirasi. Cuma pengen menekankan kepada kaum bullet journalist yang budiman kalau bullet journal itu dibuat karena butuh bukan karena trend yang lagi merambah di social media. Kamu butuh bullet journal untuk mengatur dan merapikan hidupmu yang rada acak adul jadi sedikit rapi.

Bagaimanakah bullet journal bulan Januarimu? Penuh schedule? Atau rada sepi kayak aku?

0 Comments